Abrahah dan Tentara Bergajah

Peristiwa ini bukan cerita mistik bertebaran dalam sejarah bangsa Arab tempo dulu. Ini bukan dongeng atau tahayyul belaka. Seandainya bangsa Arab tidak melihat burung Ababil menghancurkan Abrahah dan bala tentaranya atas izin Allah SWT, dengan kerikil panas dari neraka yang membara. Maka ketika jika ada seseorang menceritakan persitiwa itu kepada mereka, pasti mereka akan mengatakan orang itu gila. Mereka akan mengejek, sebagimana mereka mengejek Muhammad, ketika beliau menceritakan bahwa dirinya telah isra’ dan mi’raj.


Pada abad keenam sekitar tahun 571 Masehi, saat itu Yaman dikuasai oleh seorang raja Kristen bernama Negus yang berhasil mengusir bangsa Yahudi dari negerinya. Seorang menterinya yang bernama Abrahah bin Al-Shobaah menemukan bahwa setiap tahunnya orang-orang dari berbagai belahan bumi bergegas dan berduyun-duyun pergi ke Kabah di Mekah untuk menunaikan haji


Diperintahkannya arsitek dan ahli bangunan terbaik untuk membangun Al-Qalies, sebuah geraja yang sangat besar dan indah di Kota San’a. Gereja ini dipersembahkan kepada Raja Najasyi serta merupakan bukti kuat keinginan Abrahah agar orang-orang melupakan Ka’bah.
Abrahah telah bersumpah untuk menghancurkan Ka’bah. Berangkatlah Abrahah ke Makkah beserta tentaranya dengan menunggangi gajah. Abrahah memimpin pasukan dengan menunggangi seekor gajah yang santa besar dan gagah. Gajah tersebut adalah hadiah dari Raja Najasyi karena Abrahah sudah membuatkan sebuah gereja yang indah
Abdul Muthalib bin Hasyim yang merupakan salah seorang pemuka Kaum Quraisy pun ‘pasrah’ dan lebih memilih menyingkir ketika mendapatkan informasi pasukan Raja Abrahah dan menghancurkan Ka’bah. Dia yakin, Allah sendiri yang akan menjaga rumahNya, Baitullah. Dan benarlah, Allah mengirimkan pasukan burung Ababil, yang merontokkan pasukan Abrahah yang ‘nggegirisi’ menjadi laksana dedaunan yang dimakan ulat.

Surat Al Fiil (105) ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Kaafiruun. Nama "Al Fiil" diambil dari kata "Al Fiil" yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya "gajah".

AL FIIL (GAJAH) Surat ke 105 : 5 ayat
Qur’an menyebut peristiwa yang menewaskan Abrahah dan pasukannya dalam Surat Al-Fil. Peristiwa ini terjadi pada tahun Nabi Muhammad s.a.w. dilahirkan. Pendapat umum menyebut “Toiron Ababil” sebagai “Burung Ababil” atau “Burung yang berbondong-bondong”. Buku “Sejarah Hidup Muhammad” yang ditulis Muhammad Husain Haekal mengemukakannya sebagai wabah kuman cacar (wabah Sampar atau Anthrax – yang menewaskan sepertiga warga Eropa dan Timur Tengah di abad 14). Namun ada pula analisa yang menyebut pada tahun-tahun itu memang terjadi hujan meteor, hujan batu panas yang berjatuhan atau ‘terbang’ dari langit. Wallahua’lam.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
  1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?
  2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?,
  3. Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,
  4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,
  5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).
Sumber:
  1. Majalah Qiblati
  2. Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U

17 komentar:

yakinkah anda kebenaran kisah tersebut?
570 masehi kelahiran nabi, dari sumber manakah data yang anda dapat, otentikkah?

berapa jarak antara yaman dan mekah?
seberapa kenalkah anda dengan hewan yang dipanggil "gajah" oleh manusia?
gajah bukan unta yang tahan air....
gajah juga gak sekencang kuda...
oh ya, di yaman banyak gajah ya?

hmm, fosil gajah dan batu neraka di mekah pernahkah ditemukan? Cuma ada batu surga...

terhadap segala pemberitaan, kita mustilah memastikan kebenaran nya, minimal dengan kemampuan logika kita, ya jika memungkinkan dengan penelitian keilmuan...
kecuali terhadap al kitab al qur'an, terhadap nya hanya ada kata "tunduk dan patuh", tak perlu anda melogikakan kebenaran nya... ia mutlak benar di dunia dan akhirat...

hehehe, tentara bergajah, hehehe, bawa ember bos...

itu tu kisah pengazaban tempat lain ya seperti kisah kaum luth, musa, dll
payah..

gak ada hubungan ama kelahiran nabi...
lagian nabi muhammad lahir kapan dan dimana tepat nya gak ada di al kitab al qur'an, nah lo percaya ama apa? Bidan mana? Catatan sipil mana? penerbit mana? tukang foto mana? ehem diera hebat administrasi aja sejarah bisa diputar balikkan oleh beberapa rezim didunia ini...
apa lagi di era dokumentasi gak jelas, buhul tali mana lw pegang? Ntar putus kalo gak kuat... jatuh tuh...

novus.ordo_seclorum@rocketmail.com by:annuit coeptis

Sesungguhnya apa2 yang terdapat dalam kitab suci kami ( Al Quran) adalah berasal dari Allah SWT....tak perlu kah kami mencari penerbit, tukang foto ato catatan sipil dsb....Kami percaya dengan iman atas kebesaran Tuhan kami ALLAH SWT....
Sesungguhnya Agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu...
Mari kita sama2 meyakini keyakinan masing2 tanpa harus memprovokasi seperti itu...

emg Allah SWT bisa nulis ya? Injil aja katanya bisa di edit direkayasa manusia kok, apa yg meyakinkan anda klo Al Quran itu murni dr Allah SWT?

klo km nantangin kemurnian al-quran, coba aja km edit isi al-quran.
dan rasakan apa yg akan terjadi pd hidupmu.
terimakasih

Percaya sama menambah-nambah isi qur'an beda bos, saya percaya al quran, tp saya ga' percaya sama yaman tempat anda menggiring ayat tsb.
Kata tuhan di dlm qur'an, ia akan menarik tali jantung orang yg suka menambah dan mengurangi qur'an.
oh ya, bisa bantu ga'? Tolong napak tilas ke tanah suci dgn referensi qur'an saja, ya anggap aja qur'an muncul dihadapan anda dgn tiba2x dan tdk ada satu orang pun yg beragama islam. Nah coba anda cari tanah suci berpedoman qur'an.

Gimana ada fosil gajah disana bukankah semuanya terbakar habis dengan batu-batu neraka?. Jauhnya yaman dengan mekah sebagaimana jauhnya amerika dengan Irak. Kita memang tahu kecanggihan sekarang ini, namun kita tidak tahu kecanggihan tentara abrohah dalam membawa gajah-gajah mereka. Namun kecanggihan tentara abrohah akhirnya hilang tanpa bekas. Sebagaimana kertas yang terbakar menjadi debu... gimana ada fosilnya? Tidak ada yang Tidak mungkin bagi Allah... Pandang langit disana... bintang - bintang bergelantungan tanpa penyangga dan tali temali... Apakah itu kurang bukti bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.... Silahkan ada yang tidak percaya pada kejadian penyerangan ka'bah. MAsih gak percaya... bawa teman2 kalian menyerang ka'bah.... bisa gak??? kalau gak bisa berarti kalian masih kalah canggih dengan tentara abrohah yang mampu membawa gajah dari yaman ke mekah... namun masih kalah canggih dengan tentara ababil yang melumatkan gajah-gajah itu sampai tiada bekas.... Hancuurrrr jadi debu... enak aja minta fosil xixixixixiiixxiii.... oiya kalau di Qur'an tertulis mendetail tentang kelahiran Nabi sampai tanggalnya itu jangan-jangan nanti ada yang menyebut kitab kelahiran kan???... Yang jelas Qur'an adalah Kitab Pedoman Hidup dunia untuk menuju akherat yang hakiki... bukan kitap kelahiran brooo... apalagi kitab primbon heheheheee....

Bagi kami sebagai umat Islam apa yang ada dalam Qur'an sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak bisa di ganggu gugat. Dan wajib dilaksanakan.

Mending nonton youtube debat antara ustad zakir naik vs william champbell nah dri pada yg penasaran alkitab buatan tuhan atau bukan bsa di liat disitu dmn kebesaran allah swt :) jgn debat pake logika. Karena kita manusia ilmu cuman secetek. Ga bisa buat nyawa aja bangga :)

Oh gak jelas juga ya? Kisah tentara bergajah itu berakhir seperti daun yg berlubang-lubang bukan jadi debu atau pasir. Makanya jgn jadi nyosor aja.

Trus untuk sesuatu yg seperti daun dimakan ulat ada yg tertinggal bro. Banyak, ada tulang pasukan, tulang gajah, baju perang berikut alat perangnya. Baca dulu itu ayat baru cekakak cekikik....

Nah saya percaya hanya quran buku yg tiada kebengkokan didalamnya, itulah yg mutlak benar dijanjikan tuhan. Itu yg menjadi keyakinan saya.

Sejarah, kesepakatan bersama manusia dan lain-lainnya tidaklah mutlak suatu kebenaran yg hakiki, tetapi buku yg saya yakini (quran) lah yg tetap saya pegang ketika ada kontra terjadi antara quran vs sejarah/kesepakatan manusia. Ini untuk diketahui, saya muslim.

Lalu, ketika seluruh manusia sedunia sepakat dengan kakbah berada di mekah muncul pertanyaan saya, bahwa tidaklah mungkin manusia mengaburkan apa yg telah ditetapkan tuhan bahwa rumah suci berada di bakkah.

Tentunya ini hal yg tdk dapat diselesaikan dgn alasan "sekarang dikenal dgn nama mekah, bro"...

Jadi tuhan "sedikit" khilaf? Sadarlah saudara ku seagama, ini konspirasi jahat. Bakkah tetaplah bakkah hingga dunia kiamat, hanya iblislah yg berkeinginan membelokkan perkataan tuhan.

Jadi mengapa mengikuti perkataan orang banyak bahwa rumah suci itu berada mekkah? Bukankah kita memiliki buku yg tiada keraguan terhadap isinya? Mengapa kita tidak mencari dimana bakkah itu? Atau jika mekah itu adalah bakkah, mengapa kita enggah menyebutnya bakkah? Mengapa meremehkan quran?

Ya itulah napak tilas dari quran, mencari tanah suci. Setelah pasti daerahnya, ganti nama daerah itu menjadi bakkah. Itu baru namanya lo percaya quran.

Ini enggak, quran ngomong bakkah eh lo seenaknya mengganti ama mekkah. Masuk kanan keluar kiri juga ne....

By novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

Wah anonim muslim liberal....baca qur'an cuma sampai surat alfatihah ya??bakkah itu bahasa apa bero??emang sampean pernah dengar ya AYAT YANG DITURUNKAN DI BAKIYAH?yang ada ya diturunkan di makiyah alias makkah!!!coba deh anda kaji dulu,baca dulu kalau anda punya al qur'an.dari jaman adam juga ka'bah adanya di makkah...eh kalau ada yang coment "mana sudah ada ka'bah jaman adam" nah itu pasti coment muslim separo..ente pelajari qur'an ente!makkah sering disebut ibu negri oleh Allah swt,oh pasti ada juga yg mau coment "bukanya ka'bah dibangun Ibrahim dan Ismail?"Lah mereka bukan membangun bro!merenovasi tepatnya.eh pasti ada yang tanya lagi "dari mana sumber argument kamu?" Aku jawab duluan ah,,dari AL QUR'AN mas mbak bro!!!!!!!!oia yang minta ditunjukin fosil gajahnya,tuh liat di kaca!!haha bego amat,emang kejadian yang jelas tertuang di dalam qur'an tuh di jaman purba???namanya juga saat itu ada penduduk di sekitar ka'bah ya jelas sisa bangkainya dibersihkan oleh masyarakatnya lah bos..lhawong tempat ibadah masak ya dibiarkan bangkai berserakan...haduhhh mana logikanya sampean sampen to ndoro??satu lagi ndoro..di timur tengah,eropa,amerika sama sekali tidak ada gajah.gajah hanya ada di asia,,yang ini silahkan sampean mikir sendiri..pada saat itu agama yang ada di asia agama apa?di qur'an ga ada lho ya yang menyebutkan abrahah itu seorang nasrani..eeee ada yang tanya lagi "asia ke arab dengan gajah?walah kenapa tidak???wong jaman itu sudah ada kendaraan air....pelajari dulu ya mas qur'an di rumah anda,jangan cuma jadi pajangan...wassalam.......

Bagaimana kalau yg menyerang adalah pesawat tempur...?

Anonim saya tanya apa anda pernah ke saudi???....jika pernah kesana maka anda akan tau bhw tulang belulang dalam kurun 1thn akan hancur dan lenyap!!....makanya di sana kuburan bisa di ganti dgn mayat yg lain ....perlu di ketahui bhw iklim dan pasir di sana sanggup menghancurkan tulang.....makanya tdk pernah ada fosil apapun di saudi......oh ya yaman dekat saudi....pada waktu itu jarak tdk masalah utk perang......kalau anda sdh pernah haji/umroh maka akan kaget kalau jarak mekah ke medinah itu6 jam naik bis lewat toll dan kalau di ukur dgn di indonesia jaraknya jakarta jogya......dimana nabi naik unta sejauh itu utk menenuaikan haji dan umroh dari medinah........nah benang merahnya jarak tdk masalah utk perang!! ,,,,pasukan gajah blm sampai mekah sdh di hujani kerikil panas dimana yg menyerang berbagai kendaraan baik gajah unta kuda....nah cobalah anda berpikir sebelum ngotot menyalahkan statement tsb.
....makanya pergilah ke mekah nanti anda tau situasinya.....

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..
al-baqarah 21-24
wahai manusia! sembahlah tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang2 sebelum kamu, agar kamu bertakwa.
(Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dia hasilkan dengan hujan itu buah2an sebagai rezeki untukmu. karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi allah, padahal kamu mengetahui.
Dan jika kamu meragukan (Al-qur'an) yang kami turunkan kepada (muhammad), maka buatlah satu surat semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain allah, jika kamu orang-orang yang benar.
Jika kamu tidak mampu membuatnya dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu yang disediakan bagi orang2 kafir.

Al-baqarah: 6-7
Sesungguhnya orang2 kafir, sama saja bagi mereka, engkau (muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman.
allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat.

Al-baqarah 11-13
Dan apabila dikatakan kepada mereka, "janganlah berbuat kerusakan di bumi," mereka menjawab,"sesungguhnya kami justru orang2 yang melakukan perbaikan".
Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan,tetapi mereka tidak menyadari.
dan apabila dikatakan kepada mereka,"berimanlah kamu sebagaimana orang lain telah beriman!"mereka menjawab, "apakah kami akan beriman seperti orang2 yang kurang akal itu beriman?"ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang2 yang kurang akal, tatapi mereka tidak tahu.

Al-baqarah 75
Maka apakah kamu (muslimin) sangat mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, sedangkan segolongan dari mereka mendengar frman allah, lalu mereka mengubahnya setelah memahaminya, padahal mereka mengetahuinya?

Al-baqarah 256
sesungguhnya tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (islam),sesungguhnya telah jelas perbedaan antara jalan yang benar dan jalan yang sesat. barang siapa ingkar kepada tagut dan beriman kepada allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah maha mendengar, maha megetahui.

jadi, saudara muslimku.. tidak selalunya hal2 dalam agama bisa dipikir dengan logika. karena kita hanya manusia yang akalnya terbatas, sedangkan allah tidak. karena ia maha mengetahui. dan bukan berarti hal2 tersebut tidak bisa dibuktikan secara logika hanya saja akal kita yang belum sampai untuk memahaminya. karena itu sambil kita mencari dan berusaha untuk memahami kita tetap harus pada keyakinan bahwa apa2 yang ditetapkan oleh allah selalu memiliki hikmah bagi kita.

seperti apa yang di firmankan oleh allah mau kita beri peringatan atau tidak sama saja, mereka tidak akan beriman. karena itu saudaraku tidak perlulah kita menghabiskan waktu menjadi sia-sia hanya untuk orang2 yang tidak pernah ingin memahami apa2 yang baik yang telah sampai padanya dan hanya ingin menjudge seenaknya tanpa dasar. lagipula, hidayah hanya akan sampai pada orang2 yang allah kehendaki. jadi, biarlah waktu dan ketetapan allah yang menjawab semuanya ketika nanti apa2 yang allah katakan benar2 terjadi

Otak loe pade di penuhi kisah2 dongeng, jalanin aja hidupmu tanpe ngusik keyakinan orang laen..kebenaran itu mungkin akan kalian saksikan setelah kalian jadi mayat brow..., otak manusia itu terbatas termasuk otak loe dan gue jdi gak usah memperdebatkan sesuatu yg kalian sendiri belom pernah menyaksikan di dpan biji mata kalian yg cuman ada dua itu.., kita di hadirkan di bumi ini penuh misteri dan misteri kebenaran itu mungkin akan terjawab setelah kalian mati nanti brow..intinya jgn menyakiti klo anda sendiri tidak mau di sakiti,,

Otak loe pade di penuhi kisah2 dongeng, jalanin aja hidupmu tanpe ngusik keyakinan orang laen..kebenaran itu mungkin akan kalian saksikan setelah kalian jadi mayat brow..., otak manusia itu terbatas termasuk otak loe dan gue jdi gak usah memperdebatkan sesuatu yg kalian sendiri belom pernah menyaksikan di dpan biji mata kalian yg cuman ada dua itu.., kita di hadirkan di bumi ini penuh misteri dan misteri kebenaran itu mungkin akan terjawab setelah kalian mati nanti brow..intinya jgn menyakiti klo anda sendiri tidak mau di sakiti,,

Otak loe pade di penuhi kisah2 dongeng, jalanin aja hidupmu tanpe ngusik keyakinan orang laen..kebenaran itu mungkin akan kalian saksikan setelah kalian jadi mayat brow..., otak manusia itu terbatas termasuk otak loe dan gue jdi gak usah memperdebatkan sesuatu yg kalian sendiri belom pernah menyaksikan di dpan biji mata kalian yg cuman ada dua itu.., kita di hadirkan di bumi ini penuh misteri dan misteri kebenaran itu mungkin akan terjawab setelah kalian mati nanti brow..intinya jgn menyakiti klo anda sendiri tidak mau di sakiti,,

Berita Terpopuler

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More